Informasi

Siswa – siswi SMAN 6 Depok khususnya Kelas X yang menamakan dirinya “Galaxious” baru – baru ini melakukan kegiatan Kunjungan Objek Belajar ( KOB ), tepatnya pada tanggal 29 April – 1 Mei 2014
dengan tujuan Baturraden ( Purwokerto ) dan Dieng ( Wonosobo ). Kegiatan yang bertujuan mengesplorasi kemampuan para siswa di alam terbuka untuk mengamati, menganalisa, dan berfikir kritis terhadap lingkungannya, sekaligus mengembangkan rasa cinta tanah air dan penghargaan terhadap sejarah bangsa.

Angkatan ke-11 SMAN 6 Depok ini mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh semangat dan antusias. Tema kegiatan ini adalah “Amazing Journey to Baturraden and Dieng. Berangkat pukul 06.00 dari Kampus tercinta Hexa dan tiba di Rosenda Hotel, Baturraden pada pukul 19.00 para siswa dan guru pendamping beristirahat, makan malam, dan melanjutkan kegiatan berupa Malam Apresiasi di mana setiap kelas menampilkan bakat kreatifnya dalam bentuk pentas apresiasi yang dilaksanakan di aula Rosenda Hotel.

Hari kedua, setelah sarapan dan menikmati pemandangan sekitar dengan latar belakang Gunung Slamet, perjalanan dilanjutkan menuju Dieng Plateau dengan lama perjalanan 3-4 jam sampai di terminal Kalianget. Di terminal Kalianget peserta berganti transportasi, kali ini menggunakan shuttle bus yang berkapasitas 20 orang artinya dari 352 peserta yang terdiri dari siswa dan guru ditambah 9 orang tour leader, ada 19 shuttle bus yang mengangkut peserta menuju ketinggian sekitar 2.400 m dari permukaan laut. Di perjalanan, pemandangan menakjubkan terjadi, karena kami menembus awan hingga melampauinya. Masyarakat setempat menyebutnya negeri di awan. Amazing !!!

galaxious-tour-2Destinasi pertama di kawasan Dieng Plateau ini adalah Candi Arjuna. Di sini peserta memperoleh banyak pengetahuan seputar Komplek Candi Arjuna dari pemandu wisata lokal. Dari Candi Arjuna, peserta dibawa menuju ke Kawah Sikidang. Di sini, peserta dimanjakan dengan pemandangan kawah yang menebarkan uap bercampur aroma belerang. Jadi jangan heran kalo pada artikel ini Anda melihat foto peserta memakai masker.

Perjalanan berlanjut ke Telaga Warna unik dengan warna airnya yang berubah-ubah mengikuti kondisi cuaca… hmmm love it !!
So…… pantes para peserta betah berlama – lama sambil berfoto-foto ria, sendiri ( selfie ), berdua, bertiga, beramai-ramai, whatever.. pokoknya kereeeeennnnn.. hihihi..

Perjalanan pun berakhir, kami dibawa pulang menuju ke Baturraden. Dalam perjalanan kembali ke Baturraden, peserta diajak mampir ke pusat oleh-oleh khas Dieng. Ada buah sejenis pepaya tapi berukuran lebih kecil bernama CARICA yang menjadi makanan camilan khas Dieng.. diminum dan dimakan..aaaahhhh segar.. Peserta juga mampir ke pusat oleh-oleh di daerah Purwokerto ( Eka Sari ), hmmmm belanja dehhhhh… untuk oleh-oleh kaaaannn.

Tiba di hotel sekitar jam 10 malam, para siswa dengan semangat menyiapkan bahan presentasi hasil belajar yang akan ditampilkan pada pagi harinya.

Hari ketiga, saatnya presentasi. Selesai sarapan para siswa bersiap di aula utama hotel untuk mempresentasikan hasil belajar masing – masing. Ada juga sessi pertanyaan dari guru penilai lho. Guru penilainya ada Pak Aries (bidang Sejarah), Bu Nurjanah (bidang Geografi), Bu Retno (bidang Ekonomi), dan Bu Nia (bidang Bahasa Indonesia). Pokoknya mereka benar – benar sesuai dengan kompetensi masing-masing deh.

Selesailah seluruh rangkaian kegiatan Galaxious Goes to Central Java 2014. Perjalanan pulang pun berlanjut hingga tiba di Kampus Hexa tepat pkl 24.00 WIB. Lelah, ngantuk, senang, dan membawa banyak kenangan.

Author: Humas SMA Negeri 6 Depok

1 Comment

Leave a Reply