• SMA NEGERI 6 DEPOK
  • Berdisiplin Integritas Solidaritas Agamis

Profil

 

BAB II

PROFIL SMA NEGERI 6 DEPOK

 

  1. Identitas Sekolah

Nama Sekolah             : SMA Negeri 6 Depok

N S S                           : 301022406107

NPSN                          : 20229168

NIS                             : 30049

Nilai Akreditasi           : 96(Terakreditasi A tahun 2014)

Luastanah                    : 6150 m2

Alamat                        : Jl. Raya Limo No. 30 Kec. Limo Kota Depok Jawa Barat

Telepon / Fax.             : (021)  7545041

E-mail                          :  [email protected]

Sejarah Berdiri            :

  • SMANegeri 6 Depok berdiri berdasarkan SK Wali kota Depok No.425/III/Kpts/Dispen/HK/2003 yang ditanda tangani oleh Bapak Wali Kota H. Badrul Kamal tanggal 30 Juni 2003
  • Pertama kali berdiri SMA Negeri 6 Depok menumpang di sebuahYayasan Pendidikan di Jalan Limo Raya yaitu Yaspi selama 8 bulan.
  • Pengajar terdiri atas 8 orang guru (5 orang dengan status guru bantu dan 3 orang dengan status guru honor) ditambah kepala sekolah, dan tenaga administrasi hanya 3 orang (1 PNS dan 2 honor)
  • Pada tanggal 3 Maret 2004 diresmikanlah gedung baru SMA Negeri 6 Depok dilokasi sekarang ini dengan hanya 3 ruang kelas, 1 ruang guru gabung dengan TU dan 1 ruang kepala sekolah.

 

  1. Kepala Sekolah yang Pernah Menjabat

Kepala Sekolah yang pernah menjabat di SMA Negeri 6 Depok adalah:

  1. Wartini (2003-2008)
  2. Amas Farmas, M.M (2008-2013)
  3. H. Sukandi Mustafa, M.Pd (2013)
  4. Hj. Jasni Evawati, M.M (2013-2014)
  5. Desry Ningsih (Januari2015 – Juli 2015)
  6. Abdul Fatah, S.Pd ( Agustus 2015 – Januari 2016)
  7. Tugino, S.Pd, M.M (Januari 2016 – Sekarang)

 

  1. Visi Sekolah

”Menjadikan SMA Negeri 6 Depok Unggul Dalam Prestasi yang Berlandaskan Keimanan Dan Ketakwaan, Berkarakter Kebangsaan Serta  Berwawasan Lingkungan”.

 

  1. Indikator

Indikator dari visi yang sudah dicanangkan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Lulus UjianNasional 100 % disertai peningkatan Nilai Hasil Ujian Nasional minimal 0, Mata Pelajaran yang di UN kan.
  2. Menjuarai OSN, minimal meraih peringkat pertama untuk 1(satu) Bidang OSN tingkat kota, minimal meraih peringkat kedua untuk 1 (satu) Bidang OSN tingkat provinsi dan minimal  meraih 1 (satu) medali perunggu untuk 1 (satu) bidang OSN tingkat nasional.
  3. Meraih medali O2SN minimal, emas tingkat kota, perak tingkat provinsi dan perunggu tingkat nasional.
  4. Menjuarai dalam bidang FLSN (Festival Lomba Seni dan Budaya Nasional) baik di tingkat kota, provinsi maupun di tingkat nasional.
  5. Minimal 50 % lulusan diterima di Perguruan Tinggi Negeri.
  6. Menerapkan Teknologi Informasi dalam pengelolaan dan pelayanan administrasi sekolah.

 

  1. Misi Sekolah

Sebagai penjabaran visi SMA Negeri 6 Depok diatas disusunlah misi dalam rangka mewujudkan visi ” Menjadikan SMA Negeri 6 Depok Unggul Dalam Prestasi  Yang  Berlandaskan  Keimanan  Dan Ketakwaan, Berkarakter Kebangsaan Serta Berwawasan Lingkungan”, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pembinaan akhlak atau budi pekerti luhur
  2. Melaksanakan pembelajaran yang efektif dan inovatif bagi semua guru dan siswa
  3. Mengembangkan minat bakat dan kreatifitas peserta didik agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki
  4. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang bertaraf internasional
  5. Menciptakan sekolah yang nyaman, aman, disiplin, kreatif, inovatif dan menyenangkan
  6. Meningkatkan kualitas prestasi siswa yang cerdas dan kompetitif bertaraf nasional dan internasional
  7. Menghasilkan kualitas lulusan yang mampu berkompetensi baik tingkat regional maupun global
  8. Menumbuhkembangkan hubungan kerjasama dalam menajemen sekolah
  9. Meningkatkan sarana prasarana dalam meningkatkan keunggulan sekolah
  10. Menumbuhkembangkan jaringan informasi baik intranet, internet, maupun perpustakaan
  11. Menumbuhkembangkan budaya hidup, bersih, sehat, aman, tertib dan indah
  12. Menciptakan lingkungan yang asri dan hijau
  13. Membentuk karakter yang mandiri dan berintegritas

 

  1. Tujuan

Tujuan pendidikan SMA Negeri 6 Depok, secara umum dirumuskan dengan mengacu kepada tujuan umum pendidikan, yaitu meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup madiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Secara khusus, tujuan dari misi yang diembannya, yaitu :

  1. 80% siswa mampu melaksanakan ibadah yang benar sesuai dengan agama yang dianut.
  2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi diri melalui kegiatan ekstrakurikuler dan mendapat juara tingkat kota , provinsi atau nasional .
  3. 90% guru dapat menyelesaikan tugas mengajarnya dengan baik meliputi tugas administrasi persiapan, kehadiran dalam pelaksanaan maupun evaluasi KBM .
  4. 80% siswa peserta bidang non akademik mendapatkan nomor kejuaraan tingkat Jakarta, Bogor , Tangerang dan Bekasi.
  5. 20% siswa peserta Olimpiade Sains Tingkat Propinsi menjadi kelompok 10 besar terbaik
  6. Peningkatan kedisiplinan 20% pada setiap tahunnya
  7. Team Work yang kompak dan cerdas dalam setiap pelaksanaan kegiatan program sekolah tercapai 100%
  8. Peningkatan 10% hubungan kerjasama dengan stakeholderdalam kegiatan sekolah dari tahun ke tahun
  9. Memiliki fasilitas multimedia yang memadai untuk proses belajar mengajar
  10. Pelayanan administrasi berbasis ICT
  11. Penambahan ruang belajar untuk fasilitas pendidikan
  12. 80% siswa diterima di perguruan tinggi negeri dan swasta melalui jalur undangan maupun ujian tertulis

 

 

 

  1. Nilai Yang Dikembangkan
  2. Etika Moral,

Seluruh warga sekolah dalam bersikap, bertindak, dan berprilaku, mengindahkan 5 (lima) S,yaitu : Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun.

  1. Keunggulan,

Setiap warga sekolah senantiasa menghendaki menjadi yang terbaik.

  1. Kejujuran,

Setiap warga sekolah berupaya untuk jujur pada diri sendiri dan pada orang lain.

 

  1. Kebersamaan,

Menentukan tujuan bersama, memecahkan masalah bersama, membagi dan menyelesaikan tugas bersama, mencapai hasil dan menikmatinya bersama sesuai dengan tupoksinya

  1. TanggungJawab,

Semua warga sekolah memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Tanggung jawab tersebut tidak hanya kepada manusia tetapi juga terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Transparansi,

Yaitu adanya keterbukaan dalam pengambilan keputusan (kebijakan) baik dalam penilaian maupun dalam manajemen sekolah serta adanya keterbukaan dalam hubungan antar sesama warga sekolah.

  1. Motivasi Berprestasi

Yaitu adanya dorongan kemauan untuk menjadi pemenang dalam setiap persaingan.

  1. KerjaKeras,

Yaitu setiap proses meraih tujuan dalam setiap kegiatan sekolah harus dijiwai dengan usaha maksimal, dan penuh tanggung jawab.

 

 

  1. Data Keadaan Guru dan Pegawai
  2. Keadaan Guru dan Pegawai Berdasarkan Gender

NO

STATUS GURU/PEGAWAI

LAKI-LAKI

PEREM PUAN

JML

1

Guru Tetap (PNS)

9

29

38

2

Pegawai Tetap (PNS)

1

-

1

3

Guru Bantu ( Guru Kontrak )

-

-

-

4

Guru Tidak Tetap ( Honorer )

10

6

16

5

Pegawai Tidak Tetap              ( Honorer )

13

2

15

 

JUMLAH

33

37

70

  1. Keadaan Guru dan Pegawai Berdasarkan Golongan/Kepangkatan (PNS)

NO

GOL./ PANGKAT

LAKI-LAKI

PEREM-PUAN

JML

1

Golongan IV-B

 

1

1

2

Golongan IV-A

2

9

11

3

Golongan III-D

4

12

16

4

Golongan III-C

 

4

4

5

Golongan III-B

2

2

4

6

Golongan III-A

1

 

1

7

Golongan II-D

 

 

 

8

Golongan II-C

1

 

1

9

Golongan II-B

 

 

 

 

Golongan II-A

 

 

 

 

J U M L A H

10

27

37

 

 

 

 

  1. Keadaan Guru dan Pegawai ( PNS ) Berdasarkan Tingkat Pendidikan

NO

TINGKAT PENDIDIKAN

LAKI-LAKI

PEREM-PUAN

JML

1

S – 3 ( Doktor )

-

-

-

2

S – 2 ( Magister )

3

8

11

3

S – 1 (Sarjana )

7

19

26

4

Sarmud / D-3

( Akta – 3 )

-

-

-

5

SLTA

1

-

1

 

J U M L A H

10

27

37

  1. Data Keadaan Siswa 2015 / 2016

NO

KELAS

PROGRAM

LAKI-LAKI

PEREM-PUAN

JML

ROM-BEL

1

Kelas X

166

218

384

9

 

 

 

 

 

 

2

Kelas XIIPA

98

156

254

6

3

Kelas XI IPS

66

89

155

4

4

Kelas XII IPA

87

113

200

5

5

Kelas XII IPS

49

98

147

4

J U M L A H

466

674

1140

29

 

 

Data Keadaan Siswa Tahun ajaran 2016 / 2017

NO

KELAS

PROGRAM

LAKI-LAKI

PEREM-PUAN

JML

ROM-BEL

1

Kelas XIPA

90

129

219

5

2

Kelas X IPS

57

121

178

4

3

Kelas XIIPA

79

107

186

4

4

Kelas XI IPS

110

145

255

6

5

Kelas XII IPA

98

152

250

6

6

Kelas XII IPS

64

89

153

4

J U M L A H

498

743

1241

29

 

 

 

  1. Prestasi Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016

No

Uraian

Nilai Tertinggi

Jumlah

IPA

IPS

IPA

IPS

 

Kelulusan

 

 

100%

100%

 

UN tertinggi

 

 

50,95

44,9

 

Bahasa Indonesia

9,60

9,4

 

 

 

BahasaInggris

8,80

8,6

 

 

 

Matematika

9,25

8,0

 

 

 

Ekonomi

 

7,25

 

 

 

Sosiologi

 

8,2

 

 

 

Geografi

 

8,2

 

 

 

Biologi

9,25

 

 

 

 

Fisika

8,75

 

 

 

 

Kimia

8,25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Prestasi Non Akademik

No

Kegiatan

Prestasi

1

Lomba PMR Se Jabodetabek

·         Juara II Design Mading se JABODETABEK

·         Juara I Lomba PP se JABODETABEK

·         JuaraII Sing Competition Tingkat Depok – Bogor

·         Juara II Lomba PP  Tingkat Depok – Bogor

·         Juara III Tes Tertulis Materi PMR Tingkat Depok - Bogor

2

Basket

·         Juara III Putra LIBALA Kota Depok

·         Juara III Putri LIBALA Kota Depok

·         Juara III Putra se JABODETABEK

3

Sepak Bola

·         Juara II DEJAFU Cup Tingkat Kota Depok

4

Paskibra

·         Juara IV Lomba LKBB Tingkat Kota Depok

·         Juara I Formasi Terbaik Tingkat Kota Depok

·         Juara II Lomba LKBB Tingkat Kota Depok

5

PaduanSuara

·         Juara Harapan I Lomba Vokal Group dalam rangka PORSENI Depok

·         Juara Harapan II Lomba Paduan Suara Tingkat Kota Depok

6

PidatoBahasaSunda Tingkat ProvinsiJawa Barat

·         Juaraharapan I

 

  1. Jenis Pelanggaran

 

No

JenisPelanggaran

Prosentase

1

Keterlambatan

60 %

2

Membolos

2 %

3

Seragam

30 %

4

Rambut

15 %

5

Perkelahian

0,5 %

6

Lain-lain

2,5 %

 

 

 

 

 

  1. Data Keadaan Sarana / Fisik

 

NO

JENIS SARANA

JUMLAH

KONDISI

KETERANGAN

1

Luas Tanah

6.150 m2

Baik

Sdg dlm proses sertifikat

2

Ruang Belajar

27 RB

Baik Sekali

Masih kurang

3

Ruang Kepala Sekolah

1

Baik Sekali

-

4

Ruang Guru

1

Baik Sekali

-

5

Ruang Tata Usaha

1

Sedang

Perlu perluasan

6

Ruang Perpustakaan

1

Sedang

Perlu perluasan

7

Laboratorium Komputer

1

Baik

Belum Standar

8

Lapangan Upacara dan Olah Raga

2

Baik

Belum Standar

9

Kamar Kecil Guru

3

Baik

Masih Kurang

10

Kamar Kecil Siswa Putri

6

Sedang

Sangat Kurang

11

Kamar Kecil Siswa Putra

6

Sedang

Sangat Kurang

12

Kantin

1

Sedang

Kurang

13

Gudang

1

Sedang

Masih kurang

14

Sarana Ibadah

1

Baik

Belum Standar

15

Laboratorium Kimia

1

Sedang

Masih kurang

16

Laboratorium Fisika

1

Sedang

Masih kurang

17

Laboratorium Biologi

-

-

Perlu diadakan

18

Laboratorium Matematika

-

-

Perlu diadakan

19

Laboratorium Bahasa

-

-

Perlu diadakan

20

Ruang Multimedia

1

Sedang

Masih kurang

21

Laboratorium IPS

-

-

Perlu diadakan

22

Ruang OSIS

1

Sedang

Masih kurang

23

Ruang BP

1

Baik

Masih kurang

24

Ruang Kesenian

1

Baik

Masih kurang

25

Ruang UKS

1

Kurang Baik

Masih kurang

26

Ruang Aula/GOR

-

-

Perlu diadakan

27

Ruang PMR

-

-

Perlu diadakan

28

Gedung Olah Raga

-

-

Perlu diadakan

  1. Identifikasi Tantangan Nyata

Analisis identifikasi tantangan nyata dengan dasar pada aspek perluasan akses, kualitas, relevansi, Manajemen,  dan kapasitas sekolah.

No

KONDISI SAAT INI

KONDISI YANG DIHARAPKAN

 (empat tahun mendatang)

Besarnya tantangan nyata

1

Perluasan Akses

 

 

 

 

  a.         Memiliki  2laboratorium IPA

  a.          Memiliki 3 laboratorium IPA (fisika, kimia, biologi)

1 unit

 

 b.         Koleksi Perpustakaan masih belum melayani 1 buku = 1 siswa

  b.          Koleksi Perpustakaan dapat melayani 1 buku = 1 siswa

 

 

  c.         Belum ada laboratorium Bahasa

  c.          Memiliki laboratorium bahasa

1unit

 

 d.         Sudah ada ruang multimedia, tetapi belum standar

  d.          Memilikiruang multimedia yang standar

1 unit

 

  e.         Belum  ada ruang alula pertemuan

  e.          Memiliki ruang aula pertemuan

1 unit

 

  f.         Kantin sekolah belum tertata dengan baik

   f.          Kantin sekolah sudah tertata dengan baik

 

 

  g.         Peningkatan fungsi ruang UKS

  g.          Ruang UKS berfungsi

1 unit

 

 h.         Alat kesenian kurang memadai (hanya 55 %)

  h.          Memiliki Alat kesenian sesuai dengan kebutuhan roses pembelajaran dan ekstrakurikuler

50%

 

   i.         13 buah laptop

    i.          Memiliki sekurang-kurangnya 20  buah laptop

7 unit

 

   j.         10 buah LCD proyektor

    j.          Setiap kelas Memiliki LCD proyektor  yang berfungsi baik.

27 unit

 

 k.         Sarana parkir sepeda motor (dapat menampung 50%)

  k.          Memilki sarana parkir sepeda motor yang dapat menampung 100%

50%

 

   l.         20% siswa mendapat bantuan biaya pendidikan

    l.          100% siswa yang tidak mampu mendapat bantuan biaya pendidikan

80%

 

m.         Ruang OSIS belum memadai

m.          Memiliki ruang OSIS yang refresentatif

1 unit

 

 n.         Ruang BP/BK belum memadai

  n.          Memiliki ruang BP/BK yang refresentatif

1 unit

2

Kualitas Pendidikan

 

 

 

 

  a.     Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan belum mengarah pada sekolah bertaraf Nasional

  a.          75% Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mengarah pada sekolah bertaraf Nasional

75%

 

 b.     Proses pembelajaran dalam pengembangan KTSP belum memenuhi standar nasional

  b.          75% Proses pembelajaran dalam pengembangan Kurikulum 2013 telah memenuhi standar nasional

75%

 

  c.     Kurikulum 2013 belum  mengarah pada sekolah bertaraf Nasional

  c.          75% Kurikulum 2013 mengarah pada sekolah bertaraf Nasional

75%

 

 d.     Proses pembelajaran dalam pengembangan Kurikulum 2013 belum memenuhi standar nasional

  d.          75% Proses pembelajaran dalam pengembangan KTSP telah memenuhi standar nasional

75%

 

  e.     Terdapat 10% pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu berbahasa Inggris

  e.          Terdapat 30% pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu berbahasa Inggris

20%

 

  f.     40% siswa yang melanjutkan ke PTN

   f.          75% siswa yang melanjutkan ke PTN

35%

 

  g.     10% Guru belum tepat waktu ketika masuk kelas

  g.          100% Guru tepat waktu ketika masuk kelas

90%

 

 h.     Kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi belum merata

  h.          80% guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi

80%

 

   i.     Kemampuan guru dalam menggunakan Teknologi Informasi dalam pembelajaran masih rendah, mencapai 30%

    i.          Kemampuan guru dalam menggunakan Teknologi Informasi dalam pembelajaran mengalami kemajuan, mencapai  100%

70%

 

   j.     Pemahaman Kurikulum 2013 masih rendah, baru 30% guru mendapatkan pelatihan.

    j.          100% guru memahami penerapan kurikulum 2013

70%

3

Pelayanan

 

 

 

a. 8% Layanan Konseling pribadi

a. 75 % Layanan Konseling pribadi

67%

 

b. Pengembangan layanan pengembangan diri 50% terpenuhi

b. Pengembanga layanan pengembangan diri 100% terpenuhi

50%

 

c. 70% siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

c. 100% siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

25%

 

d. Pengembangan kurikulum berwawasan global (pelaksanaan pembelajaran bahasa jepang) mencapai 90%

d. Pengembangan kurikulum berwawasan global (pelaksanaan pembelajaran bahasa jepang) mencapai 100%

10%

 

e. Kesesuaian program muatan lokal daerah/masyarakat mencapai 75%

e. Kesesuaian program muatan lokal daerah/masyarakat mencapai 100%

25%

4

Manajemen

 

 

 

a. 25% Keterlibatan warga sekolah dalam menentukan visi dan missi sekolah

a. 100% Keterlibatan warga sekolah dalam menentukan visi dan missi sekolah

75%

 

b. Tidak ada keterlibatan warga sekolah  dalam menyusun RPS

b. 100% keterlibatan warga sekolah  dalam menyusun RPS

100%

 

c. Tidak ada keterlibatan Komite dalam menyusun RPS

c. 100% keterlibatan Komite dalam menyusun RPS

100%

 

d. Ketersediaansumberdayamanusia 95%

d. Ketersediaansumberdayamanusia 100%

5%

 

e. Ketersediaan Dana dalam mengembangkan program mencapai 50%

e. Ketersediaan Dana dalam mengembangkan program mencapai 100%

50%

 

f. Partisipasi Komite sekolah dalam penegmbangan program sekolah 0%

f. Partisipasi Komite sekolah dalam penegmbangan program sekolah 25%

25%

 

g. Dukungan pedoman, petunjuk pelaksanaan, petunjuk teknis, dan perencanaan 10%

g. Dukungan pedoman, petunjuk pelaksanaan, petunjuk teknis, dan perencanaan  75%

60%

 

h. Dukungan pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi mencapai 50%

h. Dukungan pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi mencapai 100%

50%

 

i. Mekanisme koordinasi horizontal dan vertikal mencapai 75%

i. Mekanisme koordinasi horizontal dan vertikal mencapai 100%

25%

 

j. MoU pengembangan sekolah dengan perusahaan sebagai sponsor mencapai 0%

j. MoU pengembangan sekolah dengan perusahaan sebagai sponsor mencapai 25%

25%

 

k. Kerjasama dengan Perguruan tinggi dalam penelitian pendidikan mencapai 0,1%

k. Kerjasama dengan Perguruan tinggi dalam penelitian pendidikan mencapai  10%

9,9%

 

l. Belum ada tim internal untuk melaksanakan supervisi,monitoring, dan evaluasi

l. Terdapat  tim internal untuk melaksanakan supervisi,monitoring, dan evaluasi

100%

 

m. Instrumen supervisi masih mengalami kekurangan,mencapai 50%

m. Instrumen supervisi sudah terpenuhi,mencapai  100%

50%

 

n. Mekanisme pelaksanaan supervisi mencapai 80%

n. Mekanisme pelaksanaan supervisi mencapai 100%

20%

 

o. Reward and Punishment mencapai 20%

o. Reward and Punishment mencapai 100%

80%

 

p. Meningkatnya beban psikologis bagi guru yang akan disupervisi.

p. Tidak ada beban psikologis bagi guru yang akan disupervisi.

100%

 

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

Visi Sekolah ”Menjadikan SMA Negeri 6 Depok Unggul Dalam Prestasi yang Berlandaskan Keimanan Dan Ketakwaan, Berkarakter Kebangsaan Serta  Berwawasan Lingkungan”.  

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 329 kali